MEMANFAATKAN HERBA SESUAI KONDISI PASIEN

Bagi pasien yang dalam kondisi tubuhnya mengalami panas atau kering maka terdapat penyakit yang bisa berhubungan dengan jantung dan paru- paru. Penggunaan herba yang cocok diberikan kepada jenis pasien tersebut adalah herba yang bersifat aromatik. Herba yang bersifat aromatik berarti panas dan kering. Kinerja herba tersebut bisa selaras secara harmonis dengan adanya air. Panas dan kering, akan diharmonisasikan dengan herba diuretik seperti kencur atau jahe yang memiliki sifat aromatik dan diuretik. Herba ini banyak ditemukan di bumbu dapur. Pasien yang kondisi tubuhnya berada pada fase dingin kering kemungkinan memiliki penyakit yang bersumber dari darah. Herba yang cocok digunakan untuk mengobati pasien seperti ini adalah herba yang
bersifat mengisi seperti spirulina dan susu kambing. Semua yang menguatkan darah berarti bisa dimanfaatkan untuk menguatkan jantung. Sementara semua yang menguatkan jiwa dengan sendirinya akan memberikan penguatan pada jantung.
Pasien yang memiliki penyakit bersifat radang maka akan cocok dengan herba yang bersifat mendinginkan seperti alang-alang dan ketumbar.
Herba-herba yang bersifat dingin itu anti- hipertensi

Leave a Reply