MINUMAN HERBAL DAN RAGAM MANFAATNYA? YUK SIMAK KAJIAN LENGKAPNYA

Seperti dikemukakan di atas, terapi pengobatan menggunakan herba bisa memakai lebih dari satu jenis tanaman. Pasalnya tiap herba memiliki kelebihan dan sifatnya sendiri-sendiri. Tergantung kondisi pasien, herba yang diberikan bisa berbeda-beda.

Bagi pasien yang dalam kondisi tubuhnya mengalami panas atau kering maka terdapat penyakit yang bisa berhubungan dengan jantung dan paru- paru. Penggunaan herba yang cocok diberikan kepada jenis pasien tersebut adalah herba yang bersifat aromatik. Herba yang bersifat aromatik berarti panas dan kering. Kinerja herba tersebut bisa selaras secara harmonis dengan adanya air. Panas dan kering, akan diharmonisasikan dengan herba diuretik seperti kencur atau jahe yang memiliki sifat aromatik dan diuretik. Herba ini banyak ditemukan di bumbu dapur.

Pasien yang kondisi tubuhnya berada pada fase dingin kering kemungkinan memiliki penyakit yang bersumber dari darah. Herba yang cocok digunakan untuk mengobati pasien seperti ini adalah herba yang bersifat mengisi seperti spirulina dan susu kambing. Perlu diingat lagi jika konsep dasar terkait darah adalah ruhnya jiwa, sementara jantung adalah rumahnya jiwa. Jika seseorang memiliki gangguan darah bisa jadi ada gangguan di jantung atau pusatnya jiwa.

Semua yang menguatkan darah berarti bisa dimanfaatkan untuk menguatkan jantung. Sementara semua yang menguatkan jiwa dengan sendirinya akan memberikan penguatan pada jantung.
Pasien yang memiliki penyakit bersifat radang maka akan cocok dengan herba yang bersifat mendinginkan seperti alang-alang dan ketumbar. Herba-herba yang bersifat dingin itu anti- hipertensi, yang kedua anti-piretik untuk membuang panas. Anti-inflamasi untuk meredakan peradangan sendi dan asam urat. Herba yang bisa digunakan untuk menghilangkan atau mengeluarkan panas di badan bisa menggunakan yang sederhana bisa pakai daun rambutan jarak pagar. Caranya cukup mudah, yakni dengan cara menumbuk dan menempelkan di area yang panas.

Herba yang memiliki sifat anti-inflamasi juga bisa digunakan untuk mengobati peradangan sendi. Herba yang digunakan adalah binahong. Sementara kalau asam urat bisa dilakukan diagnosa terlebih dulu, bisa jadi dari gangguan makanan, kelelahan, atau gangguan psikis.

Kemudian untuk penyakit yang berhubungan dengan unsur angin seperti hati, limpa, usus, dan lainnya, herba yang cocok adalah yang bersifat pahit, seperti kopi, brotowali, atau madu pahit.
Selanjutnya herba seperti zaitun, minyak kelapa murni, dan alang-alang bersifat memecahkan batu karang, dalam hal ini ada batu empedu atau ginjal. Lalu ada herba anti-kanker atau tumor yang berhubungan dengan protein dingin, seperti omega 3 dariikan. Contohherbayang bersifat diuretik, pegagan, paneoang, kumis kucing, alang-alang, brotowali, blimbing sayur, blimbing manis, dan kopi. Kalau melihat dari herba ini banyak sekali bisa didapatkan di Indonesia.

Leave a Reply