MANFAAT BIJI JINTEN YANG BELUM KAMU KETAHUI !!

Habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama nigella sativa, tanaman asli Asia Selatan dan Asia barat.

Di negara asalnya, jintan hitam sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah. Jinten hitam memiliki rasa dan aroma khas pahit pedas seperti: kombinasi bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Manfaat habbatussauda pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, ilmuwan Persia, seorang pemikir dan penulis paling terkenal dari zaman keemasan Islam. Dalam jurnal medisnya Canon Of Medicine, Ibnu Sina menulis bahwa biji jintan hitam bermanfaat sebagai pengobatan sesak nafas, karena gejala asthma atau karena masalah pernapasan lainnya.
Dalam pengobatan herba habbatussauda, digunakan terutama sebagai perangsang produksi ASI dan obat cacingan. Jintan hitam juga telah digunakan sebagai diuretik dan pelemas otot serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit menular pada penderita yang memiliki sistem imun lemah.
Minyak habbatussauda untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, serta flu dan hidung tersumbat. Minyak habbatussauda juga telah digunakan untuk mengobati mata merah, wasir, luka bernanah, rematik, reaksi alergi, hingga masalah pencernaan seperti: diare,
disentri, sembelit, kolik, dan perut kembung. Minyak habbatussauda yang dioleskan ke kulit, juga dilaporkan bisa menimbulkan reaksi alergi kulit akibat dermatitis kontak.

1) Meningkatkan kualitas sperma
Khususnya bagi pria perokok berat, kandungan nikotin dan racun lainnya dalam rokok telah lama diketahui mengurangi kelincahan sperma untuk berenang dan juga mempengaruhi bentuk normalnya. Nikotin juga memunculkan dampak negatif pada struktur jaringan testis. Kelainan pada sperma dari testis merupakan faktor risiko penting dari masalah kesuburan pria. Minyak habbatussauda meningkatkan kualitas sperma dan menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik.

2) Mengatasi gejala diabetes tipe 1
Thymoquinone merupakan senyawa aktif utama yang terkandung dalam minyak habbatussauda. Dalam dosis tinggi dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1 seutuhnya. Ekstrak herba ini dapat digunakan sebagai peng- obatan diabetes yang tidak bergantung pada obat insulin.

3) Menurunkan tekanan darah
Minyak habbatussauda diminum setiap hari selama 2 bulan, dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan. Ditambah lagi tidak ada komplikasi yang disebabkan oleh habbatussauda terhadap kesehatan.
Minyak habbatussauda juga ditemukan menurunkan tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.

4) Melawan kanker
Habbatusauda mengandung senyawa antioksidan etanol yang diketahui dapat menghambat keganasan sel kanker.
Sungguh ini sebuah karunia terbesar dari Allah buat kita sebagai hamba-Nya.

Leave a Reply